Makin Sering Jatuh Cinta Tubuh Makin Sehat

img
(Foto: thinkstock)Jakarta, Sering-sering jatuh cinta membuat tubuh bereaksi positif. Sebaliknya orang yang jarang jatuh cinta cenderung menglami gangguan emosi dan depresi. Sering-seringlah jatuh cinta termasuk dengan pasangan tetap.

Pasangan yang memelihara api cintanya meski sudah menjadi pasangan bertahun-tahun diketahui memiliki tingkat kesehatan yang lebih baik dan jarang sakit. Efek cinta juga membuat otak makin jernih berpikir.

Efek cinta dan kesehatan memiliki hubungan yang saling terkait satu sama lain. Orang-orang yang terus memelihara rasa cintanya akan mendapatkan 8 manfaat kesehatan seperti dikutip dari WebMD,Senin (14/2/2011) yaitu:

1. Mengurangi depresi dan penyalahgunaan zat

Berdasarkan laporan dari Health and Human Services diketahui bahwa cinta dan kasih sayang bisa mengurangi depresi baik bagi laki-laki maupun perempuan. Selain itu perasaan cinta juga berkontribusi besar dalam mencegah penyalahgunaan zat dan obat-obatan terlarang terutama di kalangan dewasa muda.

2. Menurunkan tekanan darah
Hasil penelitian dari Annals of Behavioral Medicine menemukan bahwa rasa cinta yang dimiliki seseorang baik dari pasangan, keluarga atau orang-orang disekitarnya mampu menurunkan tekanan darah. Hal ini karena adanya hubungan yang positif dengan orang lain.

3. Mengurangi kecemasan
Peneliti dari State University of New York di Stony Brook menggunakan MRI fungsional untuk melihat otak orang yang sedang jatuh cinta, didapatkan adanya aktivasi pada bagian otak yang mengatur untuk menenangkan. Efek yang timbul hampir sama seperti orang menggunakan kokain. Hasil penelitian ini telah dipresentasikan dalam konferensi Society of Neuroscience tahun 2008.

4. Mengontrol rasa sakit secara alami
Sebuah laporan dari CDC Amerika Serikat menuturkan rasa cinta dan aksih sayang bisa mengaktifkan bagian otak yang berfungsi mengontrol rasa sakit. Semakin besar rasa cinta yang dimiliki maka semakin besar efek yang didapatkan seseorang.

5. Manajemen stres yang baik
Jika cinta bisa membantu seseorang mengatasi rasa sakit, maka hal ini menunjukkan bukti bahwa cinta bisa membantu mengatur kadar stres dan memberikan dukungan dalam hubungan sosial. Jika seseorang sedang stres dan memiliki dukungan dari orang-orang yang dicintainya maka ia akan mampu mengatasi masalah dan merasa lebih baik.

6. Mengurangi kunjungan ke dokter
Peneliti dari Carnegie Mellon University menemukan bahwa rasa cinta bisa membangun emosi positif yang memberikan dorongan terhadap sistem kekebalan tubuh sehingga orang lebih jarang sakit. Selain itu hubungan yang positif ini juga membuat seseorang lebih peduli untuk merawat dirinya sendiri.

7. Menyembuhkan sakit lebih cepat
Kekuatan hubungan positif dan cinta bisa membuat luka cepat sembuh. Hal ini berdasarkan penelitian dari Ohio State University Medical Center yang dipublikasikan dalam Archives of General Psychiatry.

8. Hidup lebih bahagia

Salah satu manfaat cinta yang terlihat jelas adalah sukacita yang membuat seseorang merasa lebih bahagia. Studi yang dipublikasikan dalam Journal of Family Psychology menemukan bahwa kebahagian lebih tergantung pada kualitas suatu hubungan dibanding dengan tingkat pendapatan. Hal ini menunjukkan bahwa rasa cinta dan kasih sayang bisa membuat seseorang jauh lebih

  1. wrpatexva cumhf erenavv yihq hqucsgnjoscxlto

  2. This web site can be a walk-by way of for all of the data you required about this and didnt know who to ask. Glimpse here, and also youll certainly uncover it. 822811

  1. December 22nd, 2011
    Trackback from : Homepage

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: