Kulit Mulus Karena Lemak

img
(Foto: thinkstock)Jakarta, Setiap mendengar kata lemak kebanyakan orang akan membayangkan tubuh gemuk dan penyakitan. Gara-gara itu makanan berlemak jadi musuh banyak orang. Tunggu dulu, ada lho lemak yang malah bikin kulit mulus.

Lemak dalam bentuk omega 3 atau omega 6 merupakan lemak esensial yang justru dibutuhkan untuk menjaga kulit seseorang tetap sehat.

Asam lemak esensial (essential fatty acid/EFA) tidak bisa diproduksi di dalam tubuh manusia, sehingga untuk mendapatkannya harus berasal dari asupan makanan yang dikonsumsi.

Berbagai faktor bisa menyebabkan kulit terlihat tidak sehat, seperti akibat paparan polusi udara setiap hari, pengaruh lingkungan, akibat penuaan dini dan sinar matahari. Kondisi ini membuat kulit terlihat kusam dan kehilangan elastisitasnya.

Seperti dikutip dari WebMD, Senin (6/12/2010) lemak esensial seperti omega-3 dan omega-6 dapat membangun membran sel-sel yang sehat.

Lemak-lemak ini juga membantu menghasilkan minyak kulit yang alami, minyak ini penting untuk menjaga kulit agar tetap terhidrasi dan terlihat lebih muda. Jika asupan lemak ini tidak mencukupi, maka kulit bisa mengering, meradang dan rentan terkena komedo.

Penelitian menunjukkan bahwa asam lemak esensial ini tidak mengurangi sensitivitas kulit terhadap sinar matahari dan bisa membantu mengurangi peradangan yang terkait dengan jerawat.

Asam lemak omega 3 bisa terdapat di salmon, mackarel dan kacang kedelai, sedangkan asam lemak omega 6 bisa terdapat di unggas dan minyak untuk
(ver/ir)

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: