Punya Banyak Teman Bikin Tubuh Lebih Ramping Ketimbang Olahraga

 

img
(Foto: thinkstock)

Ohio, Orang sibuk sering tak punya waktu untuk berolahraga. Tapi studi baru menunjukkan dengan memiliki kehidupan yang sibuk dan banyak teman ternyata dapat membuat orang lebih ramping ketimbang harus berjam-jam nge-gym.

Sibuk bekerja dan bersosialisasi dengan banyak teman ternyata dapat membuat tubuh meningkatkan kadarbrown fat atau juga dikenal dengak baik. Para ilmuwan percaya bahwa rangsangan sosial dapat membuat otak melepaskan bahan kimia yang dapat mengubah lemak putih (lemak jahat) menjadi lemak coklat yang baik.

Brown fat atau Brown adipose tissue (BAT) merupakan lemak baik yang dapat membakar kalori untuk dijadikan panas, sedangkan lemak putih justru menyimpan kalori.

Pengujian menunjukkan orang-orang yang tinggal di komunitas besar dan memiliki lebih banyak teman dapat mengurangi setengah lemak di perutnya dalam empat minggu dibandingkan dengan orang yang tinggal di lingkungan yang sepi.

Hasil uji juga menunjukkan bahwa memiliki banyak teman dapat membuat orang memiliki lebih banyak bahan kimia yang disebutbrain-derived neurotrophic factor.

Untuk mengubah lemak coklat menjadi putih biasanya dibutuhkan paparan dingin yang ekstrem selama jangka waktu yang panjang.

“Saya masih kagum. Jumlah (lemak coklat) yang dihasilkan jauh lebih dari yang Anda dapatkan dengan treadmill. Biasanya sulit untuk menginduksi beralih dari lemak putih menjadi lemak coklat,” jelas Dr Matthew During, menulis studi dari Ohio State ­University, seperti dilansir mirror.co.uk, Rabu (7/9/2011).

Dr Lei Cao yang juga ikut menulis laporan di jurnal Cell Metabolism, mengatakan bahwa kebanyakan orang sering berpikir stres sebagai hal negatif, tetapi beberapa jenis stres juga bisa baik untuk kesehatan.

“Ini mungkin menawarkan wawasan ke dalam penelitian yang menunjukkan hubungan antara kesepian dan kesehatan yang buruk,” tutur Dr Lei Cao.<

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: