Makan Makanan Murah Bisa Bikin Orang Cepat Gemuk

img
(Foto: thinkstock)

Jakarta, Jika sedang menjalani program penurunan berat badan, sebaiknya hindari membeli makanan yang harganya murah karena bisa memicu Anda untuk makan dengan porsi lebih besar. Penelitian terbaru menunjukkan makanan dengan harga murah membuat orang tak bisa mengontrol porsi makan.

Lingkungan turut mempengaruhi keberhasilan program diet seseorang. Hasil penelitian yang dilakukan Cornell University menemukan orang yang tinggal dengan akses tempat makan mudah dan murah cenderung lebih mudah gemuk dan sulit melakukan program penurunan berat badan.

“Kita adalah ‘budak’ dari lingkungan,” ujar David Levitsky, profesor ilmu gizi dan psikologi di Cornell University, seperti dilansirIndiavision, Selasa (21/11/2011).

Levitsky dan seorang mahasiswa pascasarjana Carly Pacanowski menganalisis ratusan artikel tentang perilaku makan orang dan menemukan bahwa kekuatan individu yang tidak dapat mengontrol dirinya terhadap lingkungan sangat mempengaruhi epidemi obesitas di Amerika Serikat.

“Faktor-faktor sosial juga merupakan stimulan yang kuat untuk membuat orang makan berlebihan. Kekuatan ini sudah berlangsung lebih dari 50 sampai 60 tahun terakhir,” jelas Levitsky.

Kekuatan ini termasuk harga makanan yang murah dan kemudahan akses untuk memperoleh makanan tersebut.

Levitsky menjelaskan, harga makanan yang murah dan kemudahan akses untuk memperoleh makanan seringkali membuat orang tak bisa mengontrol porsi makan, sehingga cenderung makan berlebihan.

“Dan itu bukan hanya jumlah yang Anda taruh di piring Anda, tetapi ukuran paket dari mana makanan tersebut berasal juga menentukan berapa banyak Anda akan makan,” kata Levitsky.

Hasil penelitian ini akan diterbitkan dalam edisi cetak jurnal Public Health Nutrition.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: